Sabtu, 26 Maret 2011

Manajemen & Manajer

Manajer berarti setiap orang mempunyai tanggung jawab atas bawahan dan sumberdaya-sumbardaya organisasi lainnya.

Tingkatan Manajemen

  1. Manajer Limi Pertama adalah tingkatan paling rendah dalam suatu organisasi yang memimpin dan mengawasi tenaga-tenaga operasional. contohnya: pimpinan (leader), mandor (foremen), penyedia (supervisors).
  2. Manajer Menengah adalah tingkatan yang membawahi dan mengarahkan kegiatan-kegiatan para manajer lainnya dan kadang-kadang juga karyawan operasional. contohnya: kepala bagian, kepala sub divisi.
  3. Manajer Puncak adalah tingkatan manajer tertinggi dari kelompok kecil eksekutif, bertanggungjawab atas keseluruhan manajemen organisasi. contohnya: direktur, presiden, kepala divisi, wakil presiden senior.
Manajer Fungsional & Umum
  • Manajer fungsional mempunyai tanggung jawab hanya atas satu kegiatan organisasi. contohnya: produksi, pemasaran, keuangan, kepegawaian (personalia), akuntansi.
  • Manajer umum mempunyai tugas untuk mengatur, mengawasi, dan bertanggung jawab atas satuan kerja keseluruhan atau divisi operasi yang mencakup semua atau beberapa kegiatan-kegiatan fungsional satuan kerja.
Fungsi-Fungsi yang dilakukan Manajer
  1. Perencanaan (planning) mencakup pemilihan, penentuan, strategi, kebijaksanaan, proyek, prosedur, metoda, sistem, anggaran yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan.
  2. Pengorganisasian (organizing) merupakan penentuan sumberdaya-sumberdaya, perancangan & pengembangan, penguasaan tanggung jawab, dan pendelegasian wewenang.
  3. Penyusunan personalia (staffing) adalah penarikan (recruitment) dan penempatan para karyawan dalam lingkungan kerja yang menguntungkan dan produktif.
  4. Pengarahan (leading) membuat para karyawan melakukan apa yang diinginkan dan harus mereka lakukan.
  5. Pengawasan (controlling) merupakan penemuan dan penerapan cara dan peralatan untuk menjamin bahwa rencana telah dilaksanakan sesuai dengan yang ditetapkan.
Kegiatan-Kegiatan Manajer
  1. Manajer bekerja dangan dan melalui orang lain.
  2. Manajer memadukan dan menyeimbangkan tujuan-tujuan yang saling bertentangan dan menetapkan prioritas-prioritas.
  3. Manajer bertanggung jawab dan mempertanggung jawabkan.
  4. Manajer harus berfikir secara analisis dan konseptual.
  5. Manajer adalah seorang moderator.
  6. Manajer adalah seorang politisi.
  7. Manajer adalah seorang diplomat.
  8. Manajer mengambil keputusan-keputusan sulit.
Keterampilan-Keterampilan Manajerial
  1. Keterampilan konseptual (conceptual skills) merupakan kemampuan mental untuk mengkoordinasikan dan mengintegritasikan seluruh kepentingan dan kegiatan organisasi.
  2. Keterampilan kemanusiaan (human skills) merupakan kemampuan untuk bekerja dengan memahami dan memotivasi.
  3. Keterampilan administrasi (administrative skillls) merupakan kemampuan yang berkaitan dengan perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, kepegawaian dan pengawasan dalam suatu organisasi.
  4. Keterampilan teknik (technical skills) merupakan kemampuan untuk menggunakan peralatan-peralatan, prosedur-prosedur, teknik-teknik dari suatu bidang tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar