Manajer berarti setiap orang mempunyai tanggung jawab atas bawahan dan sumberdaya-sumbardaya organisasi lainnya.
Tingkatan Manajemen
- Manajer Limi Pertama adalah tingkatan paling rendah dalam suatu organisasi yang memimpin dan mengawasi tenaga-tenaga operasional. contohnya: pimpinan (leader), mandor (foremen), penyedia (supervisors).
- Manajer Menengah adalah tingkatan yang membawahi dan mengarahkan kegiatan-kegiatan para manajer lainnya dan kadang-kadang juga karyawan operasional. contohnya: kepala bagian, kepala sub divisi.
- Manajer Puncak adalah tingkatan manajer tertinggi dari kelompok kecil eksekutif, bertanggungjawab atas keseluruhan manajemen organisasi. contohnya: direktur, presiden, kepala divisi, wakil presiden senior.
Manajer Fungsional & Umum
- Manajer fungsional mempunyai tanggung jawab hanya atas satu kegiatan organisasi. contohnya: produksi, pemasaran, keuangan, kepegawaian (personalia), akuntansi.
- Manajer umum mempunyai tugas untuk mengatur, mengawasi, dan bertanggung jawab atas satuan kerja keseluruhan atau divisi operasi yang mencakup semua atau beberapa kegiatan-kegiatan fungsional satuan kerja.
Fungsi-Fungsi yang dilakukan Manajer
- Perencanaan (planning) mencakup pemilihan, penentuan, strategi, kebijaksanaan, proyek, prosedur, metoda, sistem, anggaran yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan.
- Pengorganisasian (organizing) merupakan penentuan sumberdaya-sumberdaya, perancangan & pengembangan, penguasaan tanggung jawab, dan pendelegasian wewenang.
- Penyusunan personalia (staffing) adalah penarikan (recruitment) dan penempatan para karyawan dalam lingkungan kerja yang menguntungkan dan produktif.
- Pengarahan (leading) membuat para karyawan melakukan apa yang diinginkan dan harus mereka lakukan.
- Pengawasan (controlling) merupakan penemuan dan penerapan cara dan peralatan untuk menjamin bahwa rencana telah dilaksanakan sesuai dengan yang ditetapkan.
Kegiatan-Kegiatan Manajer
- Manajer bekerja dangan dan melalui orang lain.
- Manajer memadukan dan menyeimbangkan tujuan-tujuan yang saling bertentangan dan menetapkan prioritas-prioritas.
- Manajer bertanggung jawab dan mempertanggung jawabkan.
- Manajer harus berfikir secara analisis dan konseptual.
- Manajer adalah seorang moderator.
- Manajer adalah seorang politisi.
- Manajer adalah seorang diplomat.
- Manajer mengambil keputusan-keputusan sulit.
Keterampilan-Keterampilan Manajerial
- Keterampilan konseptual (conceptual skills) merupakan kemampuan mental untuk mengkoordinasikan dan mengintegritasikan seluruh kepentingan dan kegiatan organisasi.
- Keterampilan kemanusiaan (human skills) merupakan kemampuan untuk bekerja dengan memahami dan memotivasi.
- Keterampilan administrasi (administrative skillls) merupakan kemampuan yang berkaitan dengan perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, kepegawaian dan pengawasan dalam suatu organisasi.
- Keterampilan teknik (technical skills) merupakan kemampuan untuk menggunakan peralatan-peralatan, prosedur-prosedur, teknik-teknik dari suatu bidang tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar